Selasa, September 22, 2009

Lebaran, Provider Seluler Panen

JAKARTA, MP - Operator seluler PT Excelcomindo Pratama Tbk (XL) menyatakan trafik layanan suara dan layanan pesan singkat (SMS) melonjak selama Lebaran 2009. "Jaringan XL aman dan sukses memberikan layanan kepada pelanggan. Secara nasional peningkatan trafik suara mencapai 44 persen," kata Manager Public Relations XL Febriati Nadira, Selasa (22/9).

Nadira menjelaskan, kenaikan trafik signifikan sudah terjadi sejak H-2 (18/9) Lebaran.
Trafik percakapan tertinggi terjadi hari H Lebaran (20/9) dengan 925 juta panggilan, meningkat enam persen dibanding hari H Lebaran 2008 sebanyak 870 juta panggilan. Pada Lebaran 2009, lama percakapan mencapai 630 juta menit, meningkat 40 persen dari sebelumnya 450 juta menit.

Sementara trafik SMS saat Idul Fitri 1430H mencapai 240 juta SMS, melonjak 140 persen dari 100 juta SMS tahun sebelumnya. Sedangkan layanan data/GPRS melonjak 328 persen menjadi 2,44 terabites dari 0,57 terabytes.

Nadira menjelaskan, secara nasional terjadi pergerakan pelanggan dari kota-kota besar ke sejumlah kota di daerah. Dengan kata lain tidak terjadi gangguan pada layanan panggilan maupun pengiriman SMS.

"Peningkatan trafik tertinggi terjadi di Jawa Tengah yang mencapai 68 persen, dan DI Yogyakarta 58 persen," kata Nadira.

Sementara itu PT Indosat Tbk, mengklaim pada H-1 (19/9), trafik SMS mencapai 360,7 juta, naik 39,5 persen dibandingkan trafik SMS pada hari biasa di pertengahan Agustus. Keberhasilan kirim antar pelanggan Indosat lebih dari 93 persen, berarti tidak ada permasalahan signifikan dalam pengiriman SMS internal jaringan Indosat.

Kualitas jaringan yang handal saat penyelenggaraan hari besar keagamaan itu sebelumnya sudah diperkirakan Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI).

BRTI pada tanggal 14 September 2009 mengadakan pengujian terhadap jaringan telekomunikasi Jakarta-Merak, Jakarta - Cirebon, Jakarta-Cianjur-Garut; dan Semarang- Yogyakarta- Solo. Berdasarkan pengujian tersebut, rata-rata semua operator SCR (Succesfull Call Ratio) rate-nya (keberhasilan panggil) di atas 95 persen. Dengan dropped call maksimal lima persen dan rata-rata 2,5 persen. Sementara untuk blocked call maksimal 3,61 persen dengan rata-rata blocked call sebesar 1,4 persen.

Dengan demikian artinya, secara jaringan para operator siap menghadapi kebutuhan konsumen untuk berkomunikasi di Hari Raya Idul Fitri 1430 H. (red/*wk)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails