Selasa, April 26, 2011

Akhir Mei, Jalur Sepeda Pertama di Jakarta Diresmikan

JAKARTA, M86 - Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo pada akhir Mei, menurut rencana akan meresmikan jalur sepeda pertama di Jakarta. Jalur tersebut membentang 1,5 kilometer dari Taman Ayodya hingga kawasan Melawai. Kondisi fisik pembangunan jalur sepeda itu baru mencapai 40 persen.

Bahkan, peresmian jalur sepeda tersebut rencanya akan dikuatkan dengan Surat Keputusan (SK) Gubernur tentang jalur sepeda.

"Kami akui, pengerjaannya memang agak lambat karena dilakukan pada malam hari agar tidak mengganggu arus lalu lintas. Diharapkan akhir Mei ini sudah diresmikan dan bisa digunakan para pesepeda," jelas Walikota Jakarta Selatan, Syahrul Effendi.

Pembangunan jalur sepeda tersebut, sambungnya, tidak menggunakan anggaran dari APBD DKI Jakarta melainkan berasal dari dana hasil patungan para anggota Komite Sepeda Indonesia (KSI) sebesar Rp 500 juta.

Ke depan, kata dia, pihaknya juga akan mengembangkan jalur sepeda di kawasan lainnya yang memungkinkan.

Jalur sepeda Taman Ayodya-Melawai ini juga telah dimasukkan dalam Rancangan Peraturan Daerah Rencana Tata Ruang Wilayah (Raperda RTRW) DKI 2010-2030.

Menurut Kepala Sudin Tata Ruang Jakarta Selatan, Gamal Sinurat, penerapan jalur sepeda itu akan dijabarkan secara detail pada Raperda Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) setelah Raperda RTRW 2010-2030 disahkan menjadi Perda.

Beberapa kawasan lainnya yang rencananya akan dibangun jalur sepeda antara lain, jalan di bawah JLNT Antasari-Blok M serta sepanjang Kanal Banjir Timur (KBT).(red/*b8)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails