Minggu, Mei 01, 2011

DPR Juga Digruduk Massa Buruh

JAKARTA, M86 - Gedung DPR RI di Jalan Gatot Subroto, Jakarta, juga tidak luput jadi sasaran aksi demo para buruh dalam memperingati Hari Buruh Sedunia, Minggu (1/5).

Para buruh meneriakkan pidato melalui pengeras suara yang intinya agar anggota DPR ikut memperjuangkan perbaikan nasib buruh.

Para buruh yang datang dari Serikat Pekerja Nusantara (SPN) datang ke Gedung DPR menggunakan setidaknya empat bis.

Selain menggunakan bus, banyak di antara para buruh pengunjuk rasa yang menggunakan sepeda motor.

Aksi demo terlihat berjalan lancar dan tidak ada gangguan yang cukup berarti. Sejumlah anggota kepolisian juga ikut mengamankan jalannya aksi demo, di samping juga mengatur arus lalu lintas.

Aparat kepolisian juga telah memasang pagar kawat di depan pintu gerbang Gedung DPR. Sebuah mobil pemadam kebakaran juga terlihat sudah disiagakan.

Pengamanan keamanan Gedung DPR juga dilakukan di pintu belakang yang terletak di dekat Lapangan Tembak, Senayan.

Namun demikian buruh lebih terkonsentrasi berada di pintu utama Gedung DPR RI yang berada di Jalan Gatot Subroto.

Sementara itu, ribuan buruh lainnya hingga berita ini diturunkan juga sudah berada di depan Istana Merdeka Jakarta, setelah berjalan kaki (longmarch) dari Bundaran HI.

Massa aksi terlihat mengenakan bermacam atribut dan simbol persatuan pita merah putih di lengan kanan dan atribut lainnya seperti bendera organisasi dan spanduk. Juga terlihat keranda hitam.

Di sisi lain jalan, sekitar 3.000 sepeda motor dari di Tanjung Priok yang juga melakukan aksi serupa yang semakin meriah dengan membunyikan klakson.

Karena aksi "longmarch" dan sepeda motor tersebut, polisi menutup jalan MH Thamrin.

Aksi May Day 2011 menuntut pemerintah melaksanakan jaminan sosial nasional dengan mengesahkan RUU Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).(red/*b8)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails