Rabu, Agustus 03, 2011

Ada Masalah Teknis, Kopaja AC Ragunan-Slipi Ditunda

JAKARTA, M86 - Pengoperasian armada Koperasi Angkutan Jakarta S-13 AC jurusan Ragunan - Slipi yang dijadwalkan pada Rabu pagi, ditunda hingga Senin, 8 Agustus 2011.

Penundaan disebabkan beberapa masalah teknis yang belum diselesaikan, kata Ketua Umum Kopaja Nanang Basuki kepada wartawan, Rabu (3/8).

Ia mengatakan, sejumlah masalah teknis tersebut antara lain surat tanda nomor kendaraan (STNK) yang belum terbit, kemudian pintu depan-belakang seluruh armada bus belum siap dioperasikan.

Ia mengatakan, penundaan operasional Kopaja AC bertujuan mengoptimalkan sarana transportasi itu bagi masyarakat luas.
"Operasional Kopaja AC ini akan dimulai pada Senin mendatang jika seluruh persoalan teknis bisa diselesaikan," tuturnya.

Menurut Nanang, secara fisik 20 unit Kopaja AC siap beroperasi, namun bila dipaksakan, masyarakat yang menjadi pengguna layanan transportasi darat akan merasa tidak nyaman.

"Tahap awal, manajemen Kopaja mengoperasikan 20 unit armada dari total 75 bus yang selama ini beroperasi di jalur Ragunan - Slipi. Selanjutnya, secara bertahap seluruh bus Kopaja S-13 jurusan Ragunan - Slipi akan diganti dengan bus berfasilitas pendingin," katanya.

Nanang menjelaskan, penggantian bus Kopaja AC merupakan upaya untuk merebut pasar karena meningkatnya kebutuhan masyarakat akan sarana transportasi yang aman dan nyaman.

"Penggantian armada bus Kopaja seiring dengan perombakan pola manajemen. Selama ini, sistem yang berlaku adalah kejar setoran. Tapi Kopaja menerapkan sistem baru yakni pemberian honor bagi sopir dan kondektur," jelasnya.

Perubahan manajemen tersebut, kata Nanang, diharapkan dapat memotivasi para sopir dan kondektur Kopaja untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

"Mudah- mudahan tidak ada lagi aksi ugal-ugalan para sopir di jalanan saat membawa penumpang. Ini yang ingin kami ubah," katanya. (dya)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails