Minggu, Agustus 07, 2011

Kopaja AC Diusulkan Boleh Masuk Jalur Busway

JAKARTA, M86 – Bus Kopaja AC S-13 dengan trayek Slipi-Ragunan, akan beroperasi pada Senin 8 Agustus 2011 besok. Kemunculan bus Kopaja AC tersebut mendapat apresiasi dari berbagai pihak karena dinilai sebagai terobosan baru.

Pengamat Perkotaan Yayat Supriyatna mengatatan, Bus Kopaja AC merupakan suatu trobosan yang sangat menarik dalam perubahan citra pelayanan umum. Bus tersebut, kata Yayat, bisa memberikan perbaikan citra positif dari penumpang terhadap transportasi umum. Terlebih jika Kopaja AC tersebut mampu membuat nyaman.

“Kopaja AC ini dapat menarik masyarakat untuk menanggalkan kendaraan pribadinya. Kapasitas 27 orang dalam keadaan duduk dan delapan orang berdiri serta tak akan mengambil penumpang jika memang sudah penuh menjadi daya tarik tersendiri,” kata Yayat, Minggu (7/8).

Namun, dia menyayangkan Kopaja AC ini hanya memiliki satu rute. Perlu diketahui, rute perjalanannya bus tersebut adalah Ragunan-TB Simatupang-Lebak Bulus-Arteri Pondok Indah-Gandaria- Velbak-Pakubuwono-CSW-Ratu Plaza-Senayan-Slipi-Grogol. “Dalam segi rute perjalanannya belum optimal. Karena hanya memiliki satu jalur,” tambahnya.

Dia menyarankan kepada Pemerintah DKI Jakarta agar rute Kopaja AC ini bisa menggunakan jalur Bus TransJakarta yang dirasa jumlahnya masih kurang.

“Kalau Kopaja ini bisa masuk busway, ya sekalian bisa menjadi tambahan Bus TransJakarta yang saat ini armadanya masih kurang. Masyarakat pasti tertarik naik Kopaja AC ini,” pungkas Yayat. (cok)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails