Selasa, Agustus 02, 2011

Besok, 20 Kopaja AC Beroperasi

JAKARTA, M86 - Jika selama ini pengguna angkutan umum, harus berpanas-panas ria jika ingin bepergian. Kini telah ada 20 unit Kopaja berfasilitas AC S-13 jurusan Ragunan-Slipi yang mulai dioperasikan, Rabu (3/8) besok. Rencananya, akan ada penambahan 75 Kopaja lagi untuk beberapa trayek lainnya di Jakarta.

"Untuk masa promosi ini, tarif kami samakan dengan Kopaja biasa, yaitu Rp 2.000," ucap David Pangaribuan, Direktur PT Sarana Monas Adiguna (SMA), operator yang ditunjuk oleh Kopaja untuk mengoperasikan Kopaja AC, Selasa (2/8).

Menurutnya, kedua puluh bus AC ini, merupakan peremajaan untuk mengganti bus yang sudah tua. Sopir dan kondektur yang mengoperasikan bus itu, juga telah mendapat pelatihan intensif dalam hal pelayanan. Selain itu, juga akan dijaga seorang petugas keamanan untuk mengantisipasi aksi kriminalitas di dalam bus.

David menambahkan, bus berkapasitas 35 penumpang ini, memiliki tampilan yang hampir serupa dengan bus Kopaja umumnya. Hanya saja untuk sistem di dalamnya lebih mirip bus Transjakarta. Kursinya pun relatif sama, begitu pula dengan sistem pintu masuk dan keluar penumpang.

Ditambahkannya, perubahan dari segi manajemen juga dilakukan, yakni upah sopir tidak lagi berdasarkan setoran melainkan sudah dengan sistem gaji. Dengan sistem ini, diharapkan dapat menghilangkan ulah ugal-ugalan para sopir bus yang biasanya terjadi karena untuk mengejar setoran.

"Jadi tidak ada lagi alasan mereka untuk menghilangkan kenyamanan penumpang. Untuk rekruitmen pun kita sangat ketat dan melalui proses training dan psikotes," tukasnya.

Rudi (46), mengaku senang bisa diterima jadi sopir Kopaja AC. Sebab, infonya di samping ia, anak, dan istri bakal dapat tunjangan Jamsostek, ada juga bonus, dan gaji bulanan. “Ya, sebulan bisa dapat Rp 2,5 juta," ungkapnya. (dya)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails