Senin, Agustus 15, 2011

Mudik Lebaran, Rumah Kosong Mulai Jadi Incaran Penjahat

JAKARTA, M86 - Rumah kosong atau rumah yang sedang ditinggal pergi pemiliknya kini mulai diincar penjahat. Kejahatan berupa pencurian di rumah kosong memang biasanya makin meningkat pada bulan puasa dan Lebaran. Kejahatan tersebut kali ini terjadi di Kebayoran Baru dan di Tebet, Jakarta Selatan.

Para pencuri menggunakan mobil, terjadi di Kebayoran Baru. Keterangan yang dihimpun menyebutkan, dua penjahat yang menggunakan mobil Toyota Yaris menjebol pintu rumah di Jalan Ciomas RT 01/01 Rawa Barat, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu (14/8) siang. Namun kedua orang berbadan besar tersebut tidak berhasil membawa barang berharga apapun dari rumah yang ditinggal penghuninya ini.

Pemilik rumah, Tika (28) sedang pergi ke rumah saudaranya, namun sekitar pukul 13.30 ia dihubungi Ketua RT di kediamannya yang mengabarkan bahwa ada yang menjebol pintu rumahnya.

"Tetangga depan rumah memergoki mereka ke luar dari rumah saya, begitu ditanya, dia mengaku warga Kebonjeruk yang sudah membuat janji," ujarnya.

Saat didesak identitasnya, mereka malah melenggang dan langsung masuk ke dalam mobil berwarna silver dan kabur. Kedua pelaku sudah menjebol pintu depan, diduga dengan linggis, dan gembok pagar rumah itu juga sudah hilang.

Saat kembali ke rumahnya, Tika mendapati kamarnya sudah berantakan, laci lemarinya dibongkar oleh pelaku. "Memang tidak ada barang berharga di kamar, mereka mengacak-acak mencari barang dan uang. Saya sudah gembok pagar, dan kunci pintu depan, tapi gemboknya hilang," tutur ibu rumah tangga ini. Tidak ditemukan linggis atau alat untuk mencongkel yang ditinggal pelaku.

Sementara di Tebet, sebuah rumah di Jalan Tebet Utara 3A, Tebet, dibobol maling Minggu (14/8) siang. Pencuri masuk dengan membobol atap rumah, diduga menggunakan linggis. Di rumah milik Yunita (45), pencuri menjarah harta benda milik penghuni yang sedang bepergian ke Lampung. Para pencuri merusak beberapa pintu kamar korban.

Menurut keterangan adik korban, Ulaida (40), ketika ia sedang memeriksa rumah kakaknya itu, keadaan sudah dalam kondisi berantakan. "Saya lihat kok pintunya nggak dikunci dan rumahnya sudah berantakan. Barang-barang milik kakak saya dijarah maling," ujarnya.

Diperkirakan peristiwa pencurian itu terjadi sekitar pukul 11.00. Untuk sementara barang yang dicuri baru diketahui berupa uang tunai Rp 320.000. "Pelaku kelihatannya sudah ahli menjebol dengan benda tumpul dan melakukan aksinya lebih dari satu orang," ujar petugas dari Polsektro tebet yang datang ke lokasi kejadian.

Sebelumnya, Polda Metro Jaya menyatakan meningkatkan pengawasan terhadap rumah-rumah kosong yang ditinggal pergi pemiliknya untuk pulang kampung atau mudik Lebaran. Bahkan polisi mendata rumah-rumah kosong itu. (red/*wkc)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails